Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya........Semoga Bisa Bermanfaat Bagi Anda
RSS

Jaringan Penyusun Akar



JARINGAN PENYUSUN AKAR

Jaringan penyusun akar terdiri dari beberapa lapisan, yaitu :
1)      Epidermis
Lapisan jaringan ini bisa tersusun satu lapis atau lebih, dan bisa dibungkus oleh lapisan lilin. Di daerah dekat ujung akar, epidermis ini menghasilkan tonjolan yang terdiri dari beberapa sel, dikenal sebagai rambut akar.
  2) Korteks
Sel- sel korteks biasanya tidak berklorofil, tetapi seringkali dijumpai penyimpan pati. Umumnya banyak dijumpai ruang antar sel, yang merupakan jalan bagi udara yang mengandung oksigen berdifusi ke dalam akar. Mengapa demikian???
Oke,, saya jelaskan secara singkat. Oksigen itu diperlukan untuk mempertahankan akar tumbuhan tetap hidup dan berfungs. Air dan mineral terlarut dapat juga bergerak dari lingkungan ke dalam akar menembus ruang antara sel-sel korteks.
3)      Endodermis
Endodermis terdiri dari sel-sel yang terletak pada korteks bagian dalam, susunannya sangat rapat, membentuk lapisan tahan air antara korteks dan bagian dalam akar, tempat berkas pembuluh tersusun. Air dan mineral yang telah masuk ke akar melalui dinding sel dan ruangan antar sel tidak dapat menembus endodermis menuju berkas pembuluh. Itu terjadi karena endodermis dilapisi oleh pita dari bahan suberin. Yaitu suatu material yang kedap air, yang membentuk struktur pita kaspari.
4)      Berkas pembuluh
Berkas pembuluh terdiri dari xilem dan floem yang dibungkus satu lapis sel tersusun silindris yang dikenal sebagai perisikel. Fungsi utama perisikel yaitu untuk membentuk akar cabang. Sel-sel perisikel meristematis dan dari bagain sel itu akan muncul percabangan akar. Akar cabang harus tumbuh menembus korteks untuk sampai ke permukaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar